Contoh soal UN Bahasa Indonesia
(1)Dalam konteks pembangunan sektor pendidikan, pendidik merupakan pemegang peran yang amat sentral. (2)Guru adalah jantungnya pendidikan. (3)Tanpa denyut dan peran aktif guru, kebijakan pembaruan pendidikan secanggih apa pun tetap akan sia-sia. Sebagus apa pun dan semodern apa pun sebuah kurikulum dan perencanaan strategis pendidikan dirancang, jika tanpa guru yang berkualitas, tidak akan membuahkan hasil optimal.(4) Artinya, pendidikan yang baik dan unggul tetap akan tergantung pada kondisi mutu guru. Beberapa upaya untuk meningkatkan mutu guru adalah sebagai berikut.(5) Sertifkasi guru Program ini sebenarnya diawali dari sebuah hipotesa, bahwa guru yang professional dan berkualitas akan terwujud apabila kesejahteraannya mencukupi.(6) Meskipun mereka sudah menerima tunjangan profesi sebesar Rp.1.000.000, sebagaimana yang diharapkan pemerintah untuk menjadi guru yang professional
(1)Dalam konteks pembangunan sektor pendidikan, pendidik merupakan pemegang peran yang amat sentral. (2)Guru adalah jantungnya pendidikan. (3)Tanpa denyut dan peran aktif guru, kebijakan pembaruan pendidikan secanggih apa pun tetap akan sia-sia. Sebagus apa pun dan semodern apa pun sebuah kurikulum dan perencanaan strategis pendidikan dirancang, jika tanpa guru yang berkualitas, tidak akan membuahkan hasil optimal.(4) Artinya, pendidikan yang baik dan unggul tetap akan tergantung pada kondisi mutu guru. Beberapa upaya untuk meningkatkan mutu guru adalah sebagai berikut.(5) Sertifkasi guru Program ini sebenarnya diawali dari sebuah hipotesa, bahwa guru yang professional dan berkualitas akan terwujud apabila kesejahteraannya mencukupi.(6) Meskipun mereka sudah menerima tunjangan profesi sebesar Rp.1.000.000, sebagaimana yang diharapkan pemerintah untuk menjadi guru yang professional
1. Ide
pokok paragraf pada kutipan artikel tersebut adalah . . .
A.
Upaya peningkatan mutu guru
B.
Guru adalah jantung
pendidikan
C.
Pembaharuan pendidikan
D.
Peningkatan sektor
pendidikan
E.
Pendidikan yang baik
tergantung mutu guru
2.
Kalimat yang mengandung
fakta terdapat pada nomor . . .
A.
(2) D. (5)
B.
(3) E. (6)
C.
(4)
3. Hal
yang dapat diteladani dari biografi diatas adalah . . .
A.
Beliau
mulai tampak menonjol prestasinya
B. Sifat tegas
berpegang pada prinsip telah
ditunjukkan Habibie
C.
Habibie
menjadi sosok favorit di sekolahnya.
D.
Seorang
anak yang tegar ketika ditinggal seorang ayah
E.
Meneruskan
pendidikan di Government Middlebare
(1)Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan
berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes). (2)Mempersiapkan anggota
masyarakt untuk mencari nafkah, fungsi laten lembaga sebagai wadah pendidikan,
melalui pendidikan di sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam
didik anak kepada sekolah.(3)Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai
pembangkangan di masyarakat. (4)Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan
pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya didikan
seks dan sikap terbuka.
(5)Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. (6)Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
(5)Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. (6)Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
4. Kalimat utama paragraf diatas
terletak pada kalimat ke . . .
A. Pertama
B.
Kedua
C.
Ketiga
D.
Keempat
E.
Kelima
5. Kalimat tidak padu dalam paragraf
tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .
A.
(1)
dan (2) D. (4) dan (5)
B.
(2) dan (3) E. (5) dan (6)
C.
(3)
dan (4)
Cermatilah bacaan berikut !(untuk
nomor 6 – 8)
Penghapusan rintisan
sekolah bertaraf internasional (RSBI) dapat menjadi momentum untuk mengenalkan
strategi deschooling. Menurut
Daniel, banyaknya pihak yang kebingungan saat RSBI dihilangkan menunjukkan
betapa masyarakat kita sudah kecanduan sekolah sehingga tidak mampu
membayangkan sebuah masyarakat tanpa sekolah.Padahal, masyarakat tanpa sekolah
itu pernah ada dan dapat dibentuk. Apalagi di abad internet saat ini,
masyarakat dapat belajar banyak hal tanpa harus ke sekolah.Deschooling adalah layanan pendidikan
universal yang dapat dilakukan melalui jejaring belajar yang luwes dan
lentur."Belajar bisa di mana saja, kapan saja, sesuai dengan minat dan
bakat warga pembelajar," kata Daniel.Menurut Daniel, dunia pendidikan di
Indonesia diwarnai diskriminasi via
RSBI sementara anggaran makin besar.Hal ini menunjukkan bahwa sekolah adalah
bagian dari masalah pendidikan.
6. Berdasarkan bacaan diatas banyaknya pihak yang
kebingungan saat penghapusan RSBI menunjukkan . . .
A. Sekolah sebagai sarana penting belajar para penerus
bangsa
B. Para orang tua menginginkan kualitas sekolah yang baik
untuk anaknya
C.
Masyarakat telah kecanduan sekolah
D. Anggaran yang tak sedikit
E. Mahalnya sekolah swasta
7. Kesimpulan paragraf tersebut adalah . . .
A. Masyarakat sudah kecanduan sekolah
B. RSBI ialah sebagai tolak ukur kualitas sekolah
C. Diperlukan tindak lanjut mengatasi masalah tersebut
D. Pembalajaran yang luwes merupakan pelayanan dari
strategi deschooling
E.
Penghapusan RSBI sebagai bagian dari penanganan
masalah pendidikan
8. Arti istilah diskriminasi
dalam paragraf tersebut adalah . . .
A. Pengucilan
B. Beda
C. Tidak padu
D. Bertolak belakang
E.
Tidak setara
Tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10
Hasil Konferensi Tingkat Tinggi Forum Dialog Kerja Sama Asia (ACD) di Kuwait memberikan harapan baru bagi upaya pemberantasan kemiskinan di Asia. Upaya pemberantasan kemiskinan dan percepatan pembangunan memang tergolong mendesak di banyak negara Asia. Ratusan juta orang di kawasan Asia hidup di bawah garis kemiskinan. Jika tindakan konkret tidak segera diambil, persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara Asia dikhawatirkan akan memburuk Selama ini persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara Asia sering sekali dikeluhkan, tetapi umumnya tidak sampai mendorong upaya konkret untuk mengatasinya. Pertemuan puncak ACD yang pertama pekan ini di Kuwait menciptakan harapan baru karena sampai mengusulkan pengumpulan dana. Tuan rumah KTT, Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah, mengusulkan alokasi dana 2 miliar dollar AS.
9.
Opini
penulis dalam penggalan tajuk rencana diatas adalah . . .
A.
Negara
– negara Asia banyak yang tergolong negara miskin
B. Ratusan
orang kawasan Asia hidup dibawah garis kemiskinan
C.
Kemiskinan
menjadi permasalahan utama negara-negara Asia
D.
Sulitnya
mengatasi masalah kemiskinan di Asia
E.
Alokasi
dana tuan rumah KTT dalam pertemuan puncak ACD
sebesar 2 miliar
dollar AS
10.
Opini
penulis dalam tajuk rencana tersebut ditujukan kepada . . .
A. Para pejabat dan petinggi di Asia
B. Tuan rumah KTT
C.
Negara-negara di Asia
D. Perangkat negara di Asia
E. Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad
al-Jaber al-Sabah
No comments:
Post a Comment
Budayakan berkomentar..!
Kritik saran untuk membangun